Sabtu, 20 Maret 2010

RUSAK LAHAN PERKEBUNAN 3 PENAMBANG DIAMANKAN

MUNTOK,Karena melakukan aktifitas penambangan biji Timah didalam lingkungan areal perkebunan milik PT Sawindo Kencana Makmur, Bj alias Ts berserta dua orang anak buahnya Js dan Tt terpaksa diamankan aparat Kepolisian setelah mendapat laporan tentang adanya pengrusakan lahan perkebunan oleh pihak perusahaan.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Dian Ardianto melalui Kasat Reskrim AKP EJ Kurniawan SIK, saat dihubungi,Membenarkan tentang penangkapan yang telah dilakukan terhadap Bj alias Ts dan dua orang anak buahnya Js dan Tt pada kamis sore sekitar pukul 15.00 Wib.

Menurut Keterangan EJ Kurniawan, pada saat penangkapan Bj alias Ts berserta Js dan Tt sedang melakukan aktifitas penambangan biji timah tepat dilokasi perkebunan dan bersamaan dengan itu aparat kepolisian juga berhasil mengaman barang bukti berupa alat-alat yang digunakan untuk menambang.

“Pada saat ditangkap mereka sedang berkerja dan kita juga berhasil mengankan barang bukti berupa satu unit mesin diesel, satu unit mesin pompa tanah, selang induk dan sakan,” ungkap EJ Kurniawan.

AKBP Dian Ardianto mengatakan, sebelumnya masyarakat sudah pernah diperingatkan agar tidak melakukan aktifitas penambangan didalam lingkungan perkebunan karena secara hukum kawasan tersebut merupakan hak dari perusahaan perkebunan yaitu PT Sawindo Kencana Makmur.

“Kita sudah memberikan peringatan tetapi tidak dianggap, aktifitas yang dilakukan oleh para tersangka tetapnya berada di block B 10 dan pada saat yang sama kita juga mengamankan alat-alat Ti (Tambang inkonvensional) di Block D tanpa ada pemiliknya, semua barang bukti saat ini ada di Malpolsek Tempilang,” ungkap EJ Kurniawan.

EJ Kurniawan menambahkan, akibat aktifitas penambangan tersebut beberapa pohon sawit milik perusahan tumbang karena terkena dampak dari kerusakan yang ditimbulkan akibat penambangan.

Sementara itu ketika disinggung mengenai status kawasan perkebunan yang dalam status sengketa antara PT Timah dan PT Sawindo, Kasat Reskrim AKP EJ Kurniawan mengatakan, pihaknya saat ini hanya melakukan penertiban penambangan diluar kawasan Bukit Puyuh.

“Kalau aktifitas penambangan di Bukit Puyuh tidak kita tertibkan karena mereka berkerja sesuai dengan Tsk yang telah dikeluarkan oleh PT Timah dan saat ini dikoordinir oleh BUMD, kalau masalah sengketa lahan tersebut kita serahkan kepada pihak PT Timah dan PT Sawindo Kencana untuk menyelesaikannya,” ungkap EJ Kurniawan.(Cr 18)

0 komentar:

Posting Komentar

PANTAI PERIGI BATU

PANTAI PERIGI BATU

NELAYAN KU

NELAYAN KU
Hanya demi sesuap nasi, nelayan ini rela mengarungi ganasnya gelombang, kejadian ini diabadikan di pantai Simbabe kecamatan Muntok.
 

PANTAI PERIGI BATU

PANTAI PERIGI BATU

PERANG KETUPAT

PERANG KETUPAT

BENTENG KUTA

BENTENG KUTA

Site Info

PANTAI BATU BERANI

PANTAI BATU BERANI

Followers

RADAR BANGKA BARAT Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template