Sabtu, 20 Maret 2010

PILKADA BANGKA BARAT: KPU Optimis Penetapan DPT Akan Sesuai Jadwal

PILKADA BANGKA BARAT:

KPU Optimasi Penetapan DPT akan sesuai Jadwal

MUNTOK, KPU Bangka Barat hingga saat ini terus melakukan berbagai persiapan menjelang pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bangka Barat, mulai dari persiapan logistik hingga persiapan data penunjang lainnya.

Menurut Ketua Pokja Pemutahiran data KPU Bangka Barat, Kusumawan Ariyanto, saat dihubungi RB, Kamis (18/3), pada saat ini KBU Bangka Barat masih menunggu data Daftar Pemilih Sementara (DPS) masuk dari desa-desa yang ada diwilayah Bangka Barat dan hingga saat ini dari 64 desa yang ada baru 15 desa yang telah menyerahkan DPS ke KPU yang disampaikan langsung oleh PPK kecamatan.

“Daftar pemilih sementara saat ini masih di verifikasi di tingkat desa masing-masing selanjutnya baru diserahkan ke PPK baru dilanjutkan ke KPU, kita harapkan data ini secepatnya masuk ke KPU untuk kita tetapkan,” ujar Kusumawan Ariyanto.

Setelah data tersebut ditetapkan oleh KPU Bangka Barat selanjutnya data tersebut menurut Kusumawan Ariyanto, akan dikembalikan lagi ke PPK dan selanjutnya data tersebut langsung di kirim ke PPS desa untuk dilakukan verifikasi ulang dimana data tersebut akan diumumkan di setiap desa agar bisa dilakukan cek ulang oleh masyarakat.

“Nanti data tersebut di desa diumumkan, masyarakat bisa melihat langsung, apakah mereka sudah terdaftar apa belum, dan bisa memantau apakah ada terjadi ganda mata pilih, atau sebaliknya yang sudah meninggal atau sudah pindah bisa dilakukan disana, nanti setelah itu baru dikembalikan lagi ke PPS dan ke KPU untuk dijadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” jelas Kusumawan Ariyanto.

Ketika disinggung apakah validasi data daftar mata pilih sementara tersebut bisa dilakukan sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan oleh KPU, Kusumawan Ariyanto mengatakan, walaupun daftar pemilih sementara yang masuk baru dari 15 desa dari 64 desa yang ada di Bangka Barat, pihaknya berkeyakinan semuanya akan berjalan sesuai dengan jadwal dan tetap waktu sebagaimana yang telah dijadwalkan.

“Kita sudah mendapat jaminan dari PPK kecamatan bahwa semuanya sudah akan disampaikan pada tanggal 20 Maret mendatang, itu yang dijanjikan PPK ke kita, ya kita tunggu saja,” ucap Kusumawan Ariyanto.

Kusumawan Ariyanto, menggaris bawahi kegaiatan verivikasi dan validasi daftar pemilih tersebut sudah sesuai dilakukan berdasarkan peraturan KPU No 67 Tahun 2009 tentang Pedoman Tata Cara Pemutahiran data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah.

Sementara itu berdasarkan data yang didapat dari Dukcapil melalui KPU Bangka Barat hingga saat ini Rekapitulisasi daftar pemilih di Bangka Barat saat ini, untuk Kecamatan Muntok berjumlah 32.677, Simpang Teritif 17.324, Jebus 31.440, Kelapa 20.611 dan Tempilang 17.992, namun data tersebut nantinya akan divalidasikan kembali untuk menjadi Daftar Pemilih Tetap.

Sedangkan untuk Pilkada mendatang jumlah TPS di Kabupaten Bangka Barat kurang lebih berjumlah 342 TPS yang tersebar di 5 Kecamatan.( cr18)

Muntok jumlah : TPS 94

Simpang Teritif : TPS 55

Jebus : TPS 91

Tempilang : TPS 70

Kelapa : TPS 52

0 komentar:

Posting Komentar

PANTAI PERIGI BATU

PANTAI PERIGI BATU

NELAYAN KU

NELAYAN KU
Hanya demi sesuap nasi, nelayan ini rela mengarungi ganasnya gelombang, kejadian ini diabadikan di pantai Simbabe kecamatan Muntok.
 

PANTAI PERIGI BATU

PANTAI PERIGI BATU

PERANG KETUPAT

PERANG KETUPAT

BENTENG KUTA

BENTENG KUTA

Site Info

PANTAI BATU BERANI

PANTAI BATU BERANI

Followers

RADAR BANGKA BARAT Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template